SELAMAT HARI BIDAN NASIONAL 24 JUNI 2020

Halo Bu Bidan dari Sabang sampai Merauke, apakah Bu Bidan tahu kenapa ya Hari Bidan Nasional diperingati setiap tanggal 24 Juni? Tepat pada hari kemarin, 24 Juni 2020 Bidan Indonesia memperingati hari ulang tahun kita semua.

Hari Bidan Nasional.
Sumber instagram @bidan_ibi_id

Sebelum mengetahui sejarah bidan lebih lanjut, siapa sebenarnya yang dipanggil seorang Bidan. Baca artikel mengenai ”Siapakah Seorang Bidan

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai sejarah HUT BIDAN NASIONAL. Pada tanggal 24 Juni, lahir sebuah organisasi profesi Bidan dengan didirikannya Ikatan Bidan Indonesia (IBI). Ikatan Bidan Indonesia (IBI) berdiri pada tanggal 24 Juni 1951 atas hasil konferensi bidan pertama, dan merupakan prakarsa bidan-bidan senior di Jakarta.

Konferensi pertama telah berhasil meletakkan landasan yang kuat serta arah kebutuhan untuk mendirikan organisasi profesi IBI, berbentuk kesatuan, bersifat nasional, dengan azas Pancasila dan UUD 1945. Beberapa tujuan konferensi IBI yang juga dirumuskan menjadi tujuan IBI, antara lain sebagai berikut:

  1. Menggalang persatuan dan persaudaraan antar sesama bidan serta kaum wanita pada umumnya, dalam rangka memperkokoh persatuan bangsa
  2. Membina pengetahuan dan keterampilan anggota dalam profesi kebidanan, khususnya dalam pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) serta kesejahteraan keluarga
  3. Membantu pemerintah dalam pembangunan nasional, terutama dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat
  4. Meningkatkan martabat dan kedudukan bidan dalam masyarakat

Tak hanya sebagai organisasi profesi, IBI juga terdaftar sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Hingga saat ini, IBI telah memiliki setidaknya 338.864 anggota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan 34 Pengurus Daerah di tingkat provinsi.

Baca juga artikel ”Apa perbedaan PP IBI, PD IBI dan PC IBI?”

Pada tahun 2020 ini, IBI genap berusia 69 tahun. Seperti di tahun sebelumnya, setiap peringatan selalu ada tema lahirnya IBI tersebut. Tahun ini, tema yang digalakkan ialah “Saatnya Bidan dan Perempuan Bersatu, Bergerak Bersama untuk Meningkatkan Kesehatan Ibu dan Anak Menuju Indonesia Maju”.

Nah, begitulah sejarah singkat mengenai hari diperingatinya tanggal 24 Juni sebagai HUT IBI. Semoga IBI tetap menjalin silaturahmi Bu Bidan di seluruh Indonesia. Silahkan berikan komentar sapa dan salam untuk Bu Bidan dari Sabang sampai Merauke.

Bagaimana Perkembangan IBI dari tahun ke tahun?

Diterbitkan oleh bidanidn

Support bidan Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: