Siapakah Seorang Bidan?

Bidan dipandang oleh orang awam sebagai orang yang menolong persalinan. Seorang bidan juga dikenal sebagai sosok yang dekat dengan seorang Ibu. Namun, sebenarnya seorang bidan berperan lebih luas dari apa yang dikenal di masyarakat.

Bidan, sahabat Ibu dan anak

Dalam kata lain, bidan dikenal sebagai seorang sahabat bagi Ibu. Bidan adalah tenaga professional yang bertanggung-jawab dan akuntabel, yang bekerja sebagai mitra perempuan untuk memberikan dukungan, asuhan dan nasehat selama masa hamil, masa persalinan dan masa nifas, memfasilitasi persalinan atas tanggung jawab sendiri dan memberikan asuhan kepada bayi baru lahir, dan bayi. Asuhan ini mencakup upaya pencegahan, promosi persalinan normal, deteksi komplikasi pada ibu dan anak, dan akses bantuan medis atau bantuan lain yang sesuai, serta melaksanakan tindakan kegawat-daruratan.

Bidan mempunyai tugas penting dalam konseling dan pendidikan kesehatan, tidak hanya kepada perempuan, tetapi juga kepada keluarga dan masyarakat. Kegiatan ini mencakup pendidikan masa kehamilan dan persiapan menjadi orang tua serta dapat meluas pada kesehatan perempuan, kesehatan seksual atau kesehatan reproduksi dan asuhan anak.

Bidan dapat praktik di berbagai tatanan pelayanan: termasuk di rumah, masyarakat, Rumah Sakit, klinik atau unit kesehatan lainnya. Nah, silahkan berikan komentar di bawah ini, apa arti Bidan untukmu?

Tahukah kamu kapan hari ulang tahun Bidan Indonesia? Selengkapnya Baca artikel ”SELAMAT HARI BIDAN NASIONAL 24 JUNI 2020

Diterbitkan oleh bidanidn

Support bidan Indonesia

One thought on “Siapakah Seorang Bidan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: