Pentingkah Tummy Time Untuk Bayi?

Tummy Time itu apa ya? Seberapa penting manfaat tummy time untuk tumbuh kembang Bayi ?

Info Webinar.
Sumber instagram @bidanidn

Tummy Time adalah istilah yang sudah tidak asing bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Aktivitas bermain dengan kondisi bayi tengkurap atau telungkup ini penting dilakukan loh Bunda. Kegiatan tummy time baik untuk menguatkan otot leher, dada, dan lengan juga melatih keseimbangan tubuh bayi sehingga bisa segera merangkak.

Bunda mungkin belum menyadari aktivitas ini sudah diperkenalkan bahkan beberapa menit saat bayi lahir yaitu pada saat IMD (Inisiasi Menyusu Dini). IMD ternyata amat banyak manfaatnya bukan hanya tentang pengenalan ASI namun juga fase pengenalan merangkak untuk pertama kalinya.

Masih banyak Bunda yang belum mengetahui, bahkan merasa aktivitas merangkak tabu untuk dikenalkan pada bayi sedini mungkin. Bagaimana pendapat para ahli mengenai hal ini?

Berdasarkan pendapat para ahli, bayi yang jarang melakukan tummy time, kemampuan motoriknya lebih berisiko terlambat.
Menurut Danette Glassy ( dokter Spesialis Anak dari Washington )
pengalaman berbaring di atas perut membantu bayi belajar mengangkat tubuhnya dalam posisi push up, sit up, berguling, merangkak, dan juga memanjat untuk berdiri.

Jika bayi tidak nyaman dengan posisinya saat merangkak, Bunda tidak usah khawatir karena merupakan hal biasa. Biarkan Si Kecil berusaha mengangkat kepalanya dan upayakan agar bayi nyaman melakukan aktivitas ini. Tidak perlu waktu lama, pada awalnya cukup 1-2 menit per hari dan akan meningkat perlahan. Jika bayi sudah terbiasa, tingkatkan perlahan menjadi 3 kali sehari selama 5 menit.

Apa manfaat tummy time ? Simak penjelasan lebih lanjut pada artikel selanjutnya…

Diterbitkan oleh bidanidn

Support bidan Indonesia

One thought on “Pentingkah Tummy Time Untuk Bayi?

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: