Apa Manfaat Tummy Time?

Info Webinar.
Sumber instagram @bidanidn

Halo Bunda,,, ada yang belum tahu tentang tummy time?

Apa itu tummy time? Pentingkah? Baca pengertiannya disini

Banyak Bunda yang menanyakan stimulasi tumbuh kembang, khususnya cara merangsang agar bayi bisa merangkak, berjalan dengan lancar atau pertumbuhan dan perkembangan lainnya.

Solusi dari pertanyaan Bunda tentang stimulasi adalah tummy time. Kenapa? Tummy time akan mengupayakan kekuatan otot leher bayi untuk mengontrol leher, kepala, serta badan. Hal ini sangat penting untuk tahap perkembangan bayi, termasuk untuk membantu bayi belajar tengkurap sendiri. Nah, kemampuan ini tentu tidak terlepas dari stimulasi yang baik kalau bayi hanya berbaring saja sepanjang hari.

Tummy time akan memberikan waktu bagi bayi untuk berbaring tengkurap untuk melatih kekuatan otot lehernya. Silahkan luangkan waktunya ya Bunda untuk aktivitas ini secara rutin setiap hari.

Apa Manfaat Tummy Time? Kita jelaskan secara rinci ya Bunda di bawah ini :

1. Meningkatkan kemampuan koordinasi mata dan tangan

Beberapa ahli menyarankan untuk membiasakan tummy time pada bayi, salah satunya American Academy of Pediatrics menganjurkan untuk mulai mengenalkan tummy time pada bayi setidaknya 5 menit/hari. Agar semakin seru, letakkan mainan di depan anak saat ia tengkurap. Dengan begitu, ia akan berusaha meraihnya, dan ini membantu anak meningkatkan koordinasi mata dan tangannya

2. Melatih kekuatan otot leher dan punggung bayi

Saat bayi diperkenalkan dengan posisi tengkurap, bayi akan banyak menggunakan otot yang jarang digunakan. Nah, jika hanya telentang saja maka akan kurang terlatih. Ini penyebab kenapa bayi Bunda belum bisa tengkurap atau terlambat duduk sampai saat ini. Aktivitas ini memperkuat otot leher, perut, punggung, dan lengannya.

3. Menstimulasi Panca Indera Bayi

Posisi tengkurap membuat Si Kecil bisa fokus pada lingkungan sekitarnya dengan lebih efektif. Aktivitas merangkak membuatnya melihat lebih fokus, mengeksplorasi berbagai tekstur di sekitar nya seperti mainan, bantal, guling, meja, dll. Selain itu, indera pendengaran pun lebih jelas.

4. Mengurangi resiko placiogephaly atau kepala peyang

Kondisi saat kepala bayi sedikit datar di bagian belakangnya sering disebut peyang. Nah nama lainnya adalah placiogephaly. Hal ini biasanya terjadi karena bayi terlalu sering berbaring ke satu arah atau dengan punggungnya.

5. Meningkatkan kedekatan antara Bunda dan buah hati

Kedekatan antara Bunda dan Si Kecil bisa dari berbagai aktivitas sederhana. Nah contohnya adalah tummy time. Bunda bisa meletakkan Si Kecil di pangkuan dalam posisi tengkurap selama beberapa menit. Lihat betapa ia menikmati momen ini, Bunda .

Demikianlah manfaat tummy time untuk Bayi. Silahkan coba di rumah ya Bun. Perhatikan permukaan di sekitar bayi dan yang paling penting selalu dalam pengawasan orangtua. Kondisi kan aktivitas ini semenarik mungkin bagi bayi.

Support Bidan Indonesia dengan Follow website bidanidn.com untuk notifikasi terupdate dan subscribe, like dan share channel Youtube bidanidn 😊💕

Diterbitkan oleh bidanidn

Support bidan Indonesia

%d blogger menyukai ini: