Lagi hamil mual muntah terus nih, normal nggak ya?

Selamat pagi Bunda dan Ayah…

Terkadang bunda sama Ayah masih ada yang belum tahu nih, mual muntah yang dialami saat hamil tergolong normal atau tidak ya?

Sumber instagram @fennymombabycare

Pada saat Bunda dalam masa kehamilan akan mengalami beberapa perubahan fisik maupun psikologis. Nah, perubahan-perubahan tersebut tak jarang menimbulkan beberapa keluhan.

Keluhan-keluhan yang umum biasanya akan hilang sendiri, namun ada beberapa kondisi tertentu yang perlu ibu hamil ketahui dan harus tetap waspada. Keadaan tersebut harus diketahui oleh ibu hamil sebagai tanda bahaya pada masa kehamilan.

Saat Bunda tidak mau makan dan muntah secara terus menerus, kapan Bunda harus waspada..?

Mual-muntah memang banyak dialami oleh ibu hamil, terutama ibu hamil pada trimester pertama kehamilan. Yaitu dari awal kehamilan hingga usia kehamilan 3 bulan. Sebanyak 80% ibu hamil trimester 1 mengalami hal ini. Sedangkan 20% diantaranya tidak mengalami kondisi ini. Semua ibu hamil memiliki karakteristik yang berbeda ya Bun, jadi tidak perlu khawatir.

Mual-muntah pada masa kehamilan sering disebut morning sickness. Walaupun pada kenyataannya, kondisi ini tidak hanya dialami saat pagi hari saja.

Mual muntah pada Ibu hamil sebenarnya normal dan wajar, apalagi jika hanya sesekali saja. Namun jika mual muntah sampai mengganggu aktivitas dan menyebabkan tak ada sama sekali makanan yang masuk ke tubuh. Harus hati-hati dan selalu waspada segera periksa ke tenaga kesehatan ya Bunda. Biasanya mual muntah berlebihan ini menyebabkan BB sampai menurun. Jangan sampai kesehatan Bunda dan bayi ikutan menurun juga ya Bunda.

Penyebab mual muntah berlebihan adalah :

  • Peningkatan hormon HCG (Hormon Corionic Gonadotropin). Hormon kehamilan ini merangsang rasa mual dan muntah saat kehamilan
  • Sensitivitas terhadap aroma atau bau tertentu meningkat selama hamil
  • Berbagai penelitian menyebutkan bahwa wanita dapat mengalami mual yang dipicu dari kondisi stress
  • ISK (Infeksi saluran kencing) dapat menyebabkan mual dan muntah. Segera periksa ke tenaga kesehatan jika nyeri atau keluar darah saat Bunda buang air kecil.

Kenapa harus waspada? Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan kekurangan gizi, dehidrasi, dan penurunan kesadaran. Segera temui tenaga kesehatan baik Bidan atau pun Dokter jika hal ini terjadi agar mendapatkan penanganan dengan cepat.

Demikian artikel mengenai Mual Muntah Berlebihan. Semoga bermanfaat Bunda, Ayah dan Bu Bidan dimanapun berada. Support Bidan Indonesia selalu dengan Follow website bidanidn.com untuk notifikasi terupdate dan subscribe channel youtube Bidan Indonesia.

Diterbitkan oleh bidanidn

Support bidan Indonesia

%d blogger menyukai ini: