Apa Saja Jenis Buta Warna

Buta warna menjadi hal yang krusial dalam pendidikan maupun pekerjaan tertentu.

Baca artikel sebelumnya tentang Pentingnya tes buta warna khususnya bagi tenaga kesehatan.

Jenis-jenis buta warna
Penyakit ini terbagi menjadi dua jenis yaitu parsial dan total. Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis penyakit ini:

A. Buta warna total
Jenis penyakit ini menyebabkan penderitanya sama sekali tidak dapat membedakan warna yang dilihat oleh indera penglihatannya. Hal ini membuat penglihatan menjadi hitam dan putih. Jika kamu pernah menonton TV zaman dulu yang berwarna hitam putih, kurang lebih seperti itulah gambaran orang yang mengalami buta warna.

B. Buta warna parsial
Jenis penyakit ini merupakan kondisi di mana mata penderita tidak dapat membedakan warna tertentu dengan akurat. Jenis ini biasanya disebut dengan buta warna parsial atau sebagian. Buta warna parsial terbagi dalam beberapa kategori, antara lain:
1. Tritanomali
Para penderita biasanya melihat warna biru menjadi agak hijau, atau pink terlihat merah dan kuning. Jika kamu mengalami hal tersebut, dipastikan kamu mengidap buta warna jenis ini.
2. Triranopia
Kondisi ini ketidakmampuan penderita untuk membedakan antara warna biru dan kuning. Biasanya penderita akan melihat warna biru seperti warna hijau, dan warna kuning akan terlihat seperti abu-abu terang.
3. Deuteranopia
Kondisi dimana penderita mengidentifikasi warna merah sebagai kuning kecoklatan, dan hijau sebagai krem.
4. Deuteranomali
Para penderita kesulitan membedakan antara warna ungu dan biru. Selain itu, para penderitanya akan salah membedakan warna kuning dan hijau menjadi merah.
5. Protanopia
Jenis yang satu ini biasanya para penderita akan melihat warna hijau dan jingga sebagai warna kuning. Sementara itu, akan melihat warna merah menjadi hitam.
6. Protanomaly
Para penderita akan melihat warna merah, kuning, dan jingga sebagai warna hijau dan tidak secerah aslinya.

Demikian artikel mengenai Jenis-jenis Buta Warna . Berikan komentar jika ada yang ingin menambahkan info terkait info kesehatan atau kebidanan.

Support Bidan Indonesia dengan klik follow, like, and share artikel untuk sharing ilmu kebidanan kepada rekan sejawat lainnya. Follow website bidanidn.com untuk notifikasi terupdate dan subscribe, like dan share channel Youtube bidanidn. Terimakasih semoga bermanfaat Bu Bidan Indonesia. 🤗💕

Diterbitkan oleh bidanidn

Support bidan Indonesia

One thought on “Apa Saja Jenis Buta Warna

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: