Apakah Penyebab Buta Warna Faktor Keturunan Semata

Penyakit ini kebanyakan karena faktor genetik dari orang tua. Namun, bukan hanya karena itu, kondisi lain juga bisa menyebabkan buta warna, seperti kondisi di bawah ini :

1. Penyakit
Penyakit Alzheimer, glukoma, neuritis optik, leukemia, diabetes, pecandu alkohol kronis, degenerasi makula, dan anemia sel sabit. Penyakit-penyakit ini bisa menyebabkan buta warna.
2. Faktor genetik
Sebagian besar penderita akan mengalaminya sejak lahir dan diwariskan oleh orang tuanya. Penderita penyakit ini yang disebabkan oleh faktor genetika biasanya lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita.
3. Usia
Seiring bertambahnya usia, kemampuan seseorang membedakan warna perlahan akan berkurang. Hal ini termasuk wajar dan terjadi karena proses penuaan dan tidak perlu dicemaskan terlalu berlebihan.
4. Efek Samping Obat
Obat yang dapat berpotensi bagi seseorang mengidap penyakit ini, disebabkan oleh obat-obatan yang digunakan secara terus menerus. Pandangan akan kembali normal setelah berhenti mengonsumsi obat-obatan tersebut.
5. Terpapar Bahan Kimia
Faktor lain yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kondisi ini karena terpapar bahan kimia, seperti di tempat kerja. Beberapa bahan kimia yang dapat menyebabkan kondisi ini terjadi adalah karbon disulfide dan pupuk.

Simak penjelasan selengkapnya mengenai buta warna

Demikian artikel mengenai Penyebab Buta Warna . Berikan komentar jika ada yang ingin menambahkan info terkait info kesehatan atau kebidanan.

Support Bidan Indonesia dengan klik follow, like, and share artikel untuk sharing ilmu kebidanan kepada rekan sejawat lainnya. Follow website bidanidn.com untuk notifikasi terupdate dan subscribe, like dan share channel Youtube bidanidn. Terimakasih semoga bermanfaat Bu Bidan Indonesia. 🤗💕

Diterbitkan oleh bidanidn

Support bidan Indonesia

One thought on “Apakah Penyebab Buta Warna Faktor Keturunan Semata

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: