Kenapa Tes Buta Warna Wajib bagi Calon Tenakes

Tes buta warna menjadi salah satu rangkaian tes bagi tenaga kesehatan. Tidak hanya tenaga kesehatan ternyata tes ini berlaku bagi persyaratan pekerjaan dalam perusahaan tertentu. Bahkan masuk sekolah SMK pun saat ini wajib dilakukan. Mengapa demikian?

Meski tes buta warna menjadi salah satu tes wajib, sayangnya tak sedikit orang yang masih meremehkan pentingnya tes buta warna untuk keselamatan kerjanya sendiri. Sebenarnya apa fungsi tes buta warna? Tes ini dilakukan sebagai pemeriksaan untuk mendeteksi ada atau tidaknya gangguan penglihatan terhadap warna. Ketika memiliki gangguan, kita akan kesulitan membedakan warna yang satu dengan yang lainnya.

Info Webinar.
Sumber instagram @bidanidn

Nah, ternyata tidak hanya kita sebagai tenaga kesehatan yang tidak boleh mengalami buta warna. Contohnya adalah petugas ambulans harus bisa membedakan warna, karena dia harus menentukan triage, yaitu proses penentuan pasien mana yang harus ditangani lebih dulu saat tiba di IGD. Warnanya ada empat, hitam, hijau, kuning, dan merah. Salah warna bisa menyebabkan keterlambatan penanganan dan beresiko mengancam nyawa manusia.

Baca artikel selengkapnya klik dibawah ini Yuk!

A. Apa saja jenis buta warna?

B. Apa penyebab buta warna?

C. Bagaimana upaya mengatasi buta warna?

Buta warna adalah kondisi seseorang tidak bisa melihat perbedaan warna-warna tertentu (buta warna sebagian) atau bahkan seluruh warna (buta warna total). Buta warna merupakan penyakit seumur hidup. Namun, penderita dapat melatih diri beradaptasi dengan kondisi ini, sehingga aktivitas sehari-hari tetap berjalan normal.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun sangat penting memeriksakan salah satu tes ini. Biasanya anak-anak yang mengalami penyakit ini akan merasa kesulitan menjalani kegiatan sehari-hari. Beberapa kesulitan yang akan ditemui saat seseorang mengalami buta warna ialah :

  • Kesulitan membedakan rambu lalu lintas
  • Membedakan daging matang dan mentah
  • Membedakan obat yang tidak ada label
  • Membedakan pembuluh darah arteri dan vena
  • Memengaruhi pilihan pekerjaan yang memerlukan pengenalan secara akurat, seperti masinis, pemandu lalu lintas udara, pilot, dan ahli listrik

Berdasarkan hal tersebut, tes buta warna sangat penting dilakukan bagi semua orang dari usia sedini mungkin. Sehingga bisa mengurangi kesulitan bagi yang mengalaminya.

Demikian artikel mengenai Buta Warna . Berikan komentar jika ada yang ingin menambahkan info terkait info kesehatan atau kebidanan.

Support Bidan Indonesia dengan klik follow, like, and share artikel untuk sharing ilmu kebidanan kepada rekan sejawat lainnya. Follow website bidanidn.com untuk notifikasi terupdate dan subscribe, like dan share channel Youtube bidanidn. Terimakasih semoga bermanfaat Bu Bidan Indonesia. 🤗💕

Diterbitkan oleh bidanidn

Support bidan Indonesia

3 tanggapan untuk “Kenapa Tes Buta Warna Wajib bagi Calon Tenakes

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: