Hari Kesehatan Mental Sedunia 10 Oktober 2020

Hallo bidanidn, tahukah kamu pada tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia. Ada yang tahu kesehatan mental itu apa?

Menurut kamus Oxford Mental adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pikiran. Sedangkan menurut KBBI, mental adalah sesuatu yang berhubungan dengan batin dan watak manusia, yang bukan bersifat badan atau tenaga.

Jadi dapat disimpulkan bahwa mental adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pikiran, batin dan watak manusia yang tidak ada kaitannya dengan fisik. Oleh karena itu, mental adalah bagian dari tubuh manusia yang perlu dijaga kesehatannya.

Sumber bidanidn

Menurut WHO, Kesehatan mental adalah kondisi kesejahteraan yang disadari individu yang terdapat kemampuan untuk mengelola stres yang wajar serta berperan di lingkungannya.

Sementara berdasarkan UU No 18 Tahun 2004, kondisi dimana seseorang dapat berkembang secara fisik, mental, spiritual dan sosial sehingga dapat menyadari kemampuannya, mengatasi tekanan, bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitas nya.

Bagaimana sejarah kesehatan mental di dunia?

Sebenarnya keberadaan penyakit mental sendiri sudah ada sejak zaman dahulu kala,sejak keadaan belum maju dan berkembang seperti sekarang. Bahkan istilah mental belum diketahui maknanya karena keterbatasan ilmu pengetahuan.

Sehingga seringkali gangguan kesehatan mental dikaitkan dengan gangguan iblis, roh jahat, kemarahan dewa atau gejala alam. Kemudian pada abad ke 20 mulai digunakannya pendekatan psikologis yang mempelopori penanganan penderita gangguan mental secara medis dan psikologis yang dipelopori adalah Sigmund Freud.

Setelah itu pun, Kesehatan mental terus mengalami pembaharuan hingga akhirnya bisa masuk ke Indonesia. Pada abad 17 barulah tokoh – tokoh psikologi dan psikiatri bermunculan.

Namun amat disayangkan, hingga saat ini masalah kesehatan mental masih disepelekan dan belum diberi perhatian khusus oleh masyarakat Indonesia.

Hal ini dibuktikan oleh masih adanya pandangan negatif mengenai gangguan mental yang sering dikaitkan dengan hal-hal negatif seperti kata gila.

Semoga kita semua bisa menyeimbangkan emosi dan logika. Karena ketika emosi lebih dominan maka logika sering tidak bekerja.

Demikian artikel mengenai Kesehatan Mental. Berikan komentar jika ada yang ingin menambahkan info terkait info kesehatan atau kebidanan.

Support Bidan Indonesia dengan klik follow, like, and share artikel untuk sharing ilmu kebidanan kepada rekan sejawat lainnya. Follow website bidanidn.com untuk notifikasi terupdate dan subscribe, like dan share channel Youtube bidanidn. Terimakasih semoga bermanfaat Bu Bidan Indonesia. 🤗💕

Diterbitkan oleh bidanidn

Support bidan Indonesia

%d blogger menyukai ini: