Selamat Hari Bahasa Ibu Internasional 21 Februari 2021

Happy weekend #SobatBidanidn,, tahukah kamu sejarah mencatat bahwa 21 Februari diperingati sebagai International Mother Language Day (IMLD) atau dikenal dengan Hari Bahasa Ibu Internasional.

Bahasa ibu adalah bahasa yang dikuasi pertama kali oleh seseorang setelah ia lahir, bahasa ibu juga bisa disebut sebagai bahasa daerah sebagai awal mula seseorang belajar berbahasa.
Peringatan itu konon bermula dari pengakuan internasional terhadap Hari Gerakan Bahasa yang dirayakan di Bangladesh.

Menurut UN.Org, gagasan untuk merayakan Hari Bahasa Ibu Internasional adalah inisiatif Bangladesh. Negara Bangladesh setiap 21 Februari diperingati sebagai momen saat bangsanya berjuang untuk pengakuan atas bahasa Bangla.

Hari Bahasa Ibu Internasional adalah peringatan tahunan seluruh dunia yang diadakan pada 21 Februari, untuk mempromosikan kesadaran akan keanekaragaman bahasa dan budaya serta mempromosikan multibahasa.

Pertama kali diumumkan oleh UNESCO pada 17 November 1999, namun baru secara resmi diakui oleh Majelis Umum PBB dalam resolusi yang menetapkan pada tahun 2008 sebagai International Year of Languages (Tahun Internasional Bahasa). Melalui bahasa manusia mentransmisikan pengalaman, tradisi, dan pengetahuan.

Hari Bahasa Ibu Internasional sejatinya telah diperingati setiap tahun sejak tahun 2000, untuk mempromosikan perdamaian dan multibahasa di seluruh dunia dan untuk melindungi semua bahasa ibu di Dunia.

Selamat memperingati Bahasa Ibu Internasinal #SobatBidanidn

#BahasaIbu
#bahasaibuinternasional
#bidanidn
#Bidan

Penulis : Bidan Fenny Sugih Hastini, S.ST

Diterbitkan oleh bidanidn

Support bidan Indonesia

%d blogger menyukai ini: