Peringatan : Hari Epilepsi Sedunia 26 Maret 2021

Hi #SobatBidanidn tahukah kamu hari ini adalah peringatan hari Epilepsi Sedunia.

Setiap tanggal 26 Maret diperingati sebagai Hari Ungu atau Purple Day yaitu Hari Kepedulian Epilepsi Sedunia. Istilah Hari Ungu dicetuskan oleh seorang penderita epilepsi yang bernama Cassidy Megan dari Nova Scotia, Canada pada tahun 2008.

Orang awam lebih banyak mengenal Orang Dengan Epilepsi (ODE) sebagai “ayan”. Serangan epilepsi dapat terjadi tiba-tiba, kapan saja, dan di mana saja. Ketika serangan epilepsi datang, biasanya ODE tiba-tiba terjatuh, kejang-kejang, disertai dengan keluarnya air liur. Epilepsi merupakan penyakit kronis pada otak yang memiliki ciri khas berupa kejang kambuhan yang muncul tanpa pencetus. Epilepsi dapat terjadi pada semua orang tanpa batasan usia. Sebagian besar penyebab epilepsi belum diketahui. Namun, berdasarkan penyebabnya, epilepsi dibagi menjadi dua, yaitu epilepsi idiopatik dan epilepsi simptomatik. Epilepsi idiopatik merupakan jenis epilepsi yang tidak diketahui faktor risikonya. Sedangkan epilepsi simptomatik merupakan epilepsi yang faktor risikonya dapat diketahui.

Tetapi, gangguan syaraf ini masih distigma sebagai penyakit mistis dan dianggap menular bagi sebagian orang. Masyarakat memiliki persepsi yang keliru bahwa epilepsi dapat menular melalui air liur sehingga harus dijauhi. Ada pula stigma dan mitos yang berkembang bahwa epilepsi bukanlah penyakit, melainkan kutukan, akibat guna-guna, atau gangguan jiwa. Stigma buruk pada penyandang epilepsi inilah yang harus diluruskan sehingga mereka dapat hidup tanpa merasa rendah diri.

SoBid , pengobatan syaraf sampai saat ini sudah lebih berkembang. Jadi, bagi #SoBid yang memiliki keluarga atau kerabat dengan penyakit epilepsi (ODE), janganlah takut dan segeralah membawanya ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Selain itu, mari peringati Hari Ungu tahun ini dengan memberikan semangat kepada orang di sekeliling kita yang menderita epilepsi.

Salam purple day, 💜




#WFHI #bidanidn #kebidanan #Bidanindonesia #HariEpilepsiSedunia #HariUngu #PurpleDay #Epilepsi

Demikian artikel mengenai Loker Tenakes Indonesia Terbaru . Berikan komentar jika ada yang ingin menambahkan info terkait kebidanan atau kesehatan ibu dan anak.

Support Bidan Indonesia dengan klik follow, like, and share artikel untuk sharing ilmu kebidanan kepada rekan sejawat lainnya. Follow website bidanidn.com untuk notifikasi terupdate dan subscribe, like dan share channel Youtube bidanidn. Terimakasih semoga bermanfaat Bu Bidan Indonesia. 🤗💕

Diterbitkan oleh bidanidn

Support bidan Indonesia

%d blogger menyukai ini: